Notification

×

Iklan

Iklan

17 Tahun Agar Diekstradisi, Pejabat Ini Akhirnya Ditangkap di AS

Senin, 06 Maret 2023 | 11:12 WIB Last Updated 2023-03-06T04:12:11Z

 

Ilustrasi Akuisisi Bank/Istimewa

AKURATNEWS.ID, AS -  Sejak 17 tahun yang lalu, Steven Lee, yang diketahui memiliki darah campuran Korea-Amerika telah dilaporkan pihak Negara Korea agar pihak berwenang AS mengekstradisinya, akhirnya tahun 2023 ini Steven yang merupakan Mantan Kepala Lone Star cabang Seoul, ditangkap pihak berwajib Amerika, sejak 2006 dilaporkan.


Hal itu dilaporkan pihak Kementerian Kehakiman, pada Minggu (5/3), Steven telah mengepalai kantor cabang antara tahun 1998 dan 2005.  Steven, ditangkap di New Jersey, yang mana dirinya telah memimpin akuisisi dana ekuitas AS atas sebuah bank lokal.

 

Lone Star yang berbasis di Texas mengambil alih Korea Exchange Bank (KEB) dengan harga di bawah pasar pada tahun 2003 dan menjualnya ke Hana Financial Group yang berbasis di Seoul pada tahun 2012, mendapatkan keuntungan besar dari transaksi tersebut.

 

Lee diduga memainkan peran kunci dalam menangani pembelian KEB melalui manipulasi catatan keuangan dan berkolaborasi dengan pejabat pemerintah Korea dan keuangan kelas berat.

 

Lee sendiri juga menghadapi tuduhan penggelapan dan penggelapan pajak.

 

Jaksa meluncurkan penyelidikan terhadap Lee pada tahun 2006, tetapi dia telah melarikan diri ke AS setahun sebelumnya. Kemudian, pemerintah Korea meminta ekstradisi Lee.

 

Kementerian Kehakiman mengatakan akan bekerja sama dengan otoritas AS dalam memulangkan dia, dilansir dari Yonhap.