Notification

×

Iklan

Iklan

Meski Sempat Tersendat Karena Aturan, Erick Thohir Gaet 64 Suara, Sah Ketum PSSI

Kamis, 16 Februari 2023 | 14:51 WIB Last Updated 2023-02-16T07:51:32Z

Erick Thohir pasca merebut kursi Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027/Istimewa


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Akhirnya perebutan kursi nomor satu di cabang Sepak Bola Tanah Air, direbut oleh Erick Thohir. Erick berhasil menggaet 64 suara dukungan.


Capaian suara yang dikumpulkan Pria yang juga menjabat Menteri BUMN tersebut, berhasil menyingkirkan komvetitornya, walaupun Erick Thohir sempat tersendat menjadi calon ketum PSSI, soal aturan berkontribusi sebagai anggota PSSI selama lima tahun.


Aturan soal kontribusi ternyata terbantahkan, yang mana diketahui Erick pernah berkecimpung di sepak bola Indonesia sebagai Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) pada tahun 2009-2019.


Akhirnya, Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI), di Hotel Shangri-La, Tanah Abang, Jakarta Pusat, menetapkan Erick setelah melalui voting.


Erick Thohir dipastikan menang dengan jumlah suara 64 dari total 86 voter, sedangkan rivalnya, La Nyalla mendapatkan 22 suara. 


Dalam rekam jejaknya di dunia persepak bolaan tanah air, Erick Thohir pernah menjadi Direktur Keuangan Persija Jakarta pada era 2000-an. Terkini, Erick Thohir merupakan pemilik saham Persis Solo sejak 2021.


Diketahui, Erick Thohir pernah mengungkapkan butuh nyali besar untuk membereskan sengkarut yang berlarut di dalam PSSI.


"PSSI ini kan sudah banyak teori, ini begini, saya sudah berulang-ulang ini perlu nyali untuk bersih-bersih. Kita harus ciptakan sepakbola yang bersih dan berprestasi. Ini yang perlu kita ciptakan," ujarnya kala itu di sebuah Hotel, di bilangan Jakarta.


Kini, Erick Thohir secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI untuk periode 2023-2027, banyak harapan terkait masa depan Sepakat Bola tanah air di pundaknya.