Notification

×

Iklan

Iklan

HPN 2023, Komisi IV DPRD Jabar: Keterbukaan Informasi Publik Penting Sokong Pers Bebas, Demokrasi Berbartabat

Jumat, 10 Februari 2023 | 13:25 WIB Last Updated 2023-02-10T06:25:32Z

Ilustrasi Flyer HPN 2023 dalam semangat Keterbukaan Informasi Publik Menyokong Pers Bebas Demokrasi Bermartabat/akuratnews.id 


AKURATNEWS.ID, DEPOK - Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat (Jabar) Hasbullah Rahmad di peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 menilai jika keterbukaan informasi publik amat penting bagi masyarakat khususnya, para insan pers.


Hal itu disampaikan Hasbullah Rahmad bertepatan pada momen peringatan Hari Pers Nasional tahun 2023. Kesempatan itu, dirinya sekaligus mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2023. 


"Kepada rekan-rekan wartawan baik cetak maupun online terutama di Depok, selamat memperingati Hari Pers Nasional", ucapnya Hasbullah, Kamis,(9/2).


Menurut Bang Has, sapaan akrab Hasbullah Rahmad, perlunya keselarasan antara keterbukaan informasi publik dengan tema HPN di tahun 2023 yaitu, pers bebas, demokrasi bermartabat.


"Pers bebas, demokrasi bermartabat juga penting didukung oleh berjalanya sistem Keterbukaan Informasi Publik karena peran pers sebagai penyambung informasi ke masyarakat", kata Ketua Fraksi PAN DPRD Jabar itu kepada AKURATNEES.ID.


Menurutnya akan menjadi penting karena kawan-kawan media punya peran sebagai penyambung informasi ke masyarakat untuk menyampaikan kepada pemerintah. Dalam hal ini baik tingkat kota, provinsi hingga tingkat pusat.


"Keterbukaan Informasi Publik telah diatur juga dalam Udang-undang nomor 14 tahun 2008 karenanya menjadi penting sebagai penopang dari pers bebas, demokrasi bermanfaat", tandas Bang Has.


Sebagai pilar ke-empat bangsa ini, lanjut politikus PAN, kerja pers juga sangat signifikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa terutama memberikan edukasi terhadap publik.


"Kawan-kawan wartawan bisa mengambil bagian penting memberikan informasi penting melalui gadget terlebih, publik saat ini mengakses informasi memalui gadget secara online dan nternet", tambahnya.


"Tetap bersemangat berperan dalam mensukseskan pembangunan khususnya, bagi rekan-rekan wartawan di Kota Depok, semoga semakin solid dan semakin menunjukan karyanya.", tutup politikus yang memulai karier politiknya sebagai anggota DPRD Kota Depok periode 1999-2004 dan periode 2004-2009 itu.