Notification

×

Iklan

Iklan

Shin Tae-young: Kami Harus Fokus dan Hati-Hati

Minggu, 01 Januari 2023 | 19:39 WIB Last Updated 2023-01-01T12:39:05Z

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong / PSSI


AKURATNEWS.ID, MANILA – Tim Nasional Indonesia dijadwalkan akan berhadapan dengan Timnas Filipina pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022, Senin 2 Janurai 2022.  Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan, skuadnya harus efektif memaksimalkan peluang menjadi gol saat berhadapan dengan Filipina di Manila.  Dia juga menegaskan timnya wajib untuk berhati-hati.

 

“Saya memotivasi pemain agar bisa mencetak gol begitu mendapatkan peluang. Namun, karena bermain di lapangan sintetis, kami harus fokus dan hati-hati agar tidak cedera,” ujar Shin dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu, (1/1), dilansir dari antara.

 

Pelatih asal Korea Selatan itu meminta anak-anak asuhnya untuk menang dan membuat banyak gol ke gawang Filipina pada pertandingan di Stadion Rizal Memorial, yang dimulai pukul 19.30 WIB.

 

Agar dapat keluar sebagai juara Grup A Piala AFF 2022, Indonesia wajib menang besar demi melampaui selisih Thailand yang pada pertandingan pamungkasnya juga akan berhadapan dengan Kamboja, di hari yang sama, Senin (2/1).

 

“Untuk mencetak banyak gol, pemain harus bekerja maksimal di lapangan. Akan tetapi, kadang keberuntungan juga berperan. Kami pun mesti melihat hasil pertandingan Thailand melawan Kamboja,” tutur Shin.

 

Sementara soal lapangan dengan rumput artifisial di Stadion Rizal Memorial, Shin mewanti-wanti skuadnya lantaran struktur rumput buatan yang berbeda dapat mendatangkan cedera, setidak-tidaknya lecet.

 

Kondisi tersebut berpotensi mengganggu pergerakan dan performa pemain di lapangan.

 

“Oleh sebab itu, kami mesti bermain maksimal sekaligus hati-hati,” kata Shin.

 

Jika harapan kemenangan besar terjadi, Indonesia mendapatkan beberapa keuntungan seperti, memiliki waktu istirahat lebih panjang sebelum bertarung di semifinal. Kalau menjadi juara Grup A, Indonesia baru menjalani pertandingan pertama semifinal pada 7 Januari 2023 kontra peringkat kedua Grup B.

 

Jika merebut kursi “runner up”, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong akan melakoni laga leg satu babak empat besar pada 6 Januari 2023 versus juara Grup B.

 

Keuntungan kedua kalau memimpin Grup A, Indonesia berhak tandang pada leg pertama semifinal, lalu menyambut tamunya pada leg kedua di rumah sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

 

Hal positif lainnya umpama Indonesia merebut tempat terbaik di Grup A adalah terhindar dari juara Grup B, yang diyakini adalah Vietnam. Di Grup B, saat ini Vietnam (tujuh poin), Singapura (tujuh poin) dan Malaysia (enam poin) berebut kelolosan dari penyisihan grup.