Notification

×

Iklan

Iklan

PPKM Dicabut, Menkes Katakan Tak Perlu Gunakan Masker, Asal?

Senin, 02 Januari 2023 | 18:47 WIB Last Updated 2023-01-02T11:47:17Z

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / Youtube FMB9 / akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, JAKARTA – Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) akhir tahun 2022 yang lalu telah mengumumkan pencabutan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun demikian masih banyak pertanyaan yang diajukan sebagian masyarakat terkait implementasinya di masayarakat, salah satunya terkait kebijkan menggunakan masker.


Terkait dengan penggunaan masker, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan masyarakat tidak perlu menggunakan masker di ruang terbuka bila merasa sehat.


“Pemakaian masker kita anjurkan untuk di ruangan tertutup dan sempit, di kerumunan, sebaiknya pakai. Tetapi, sekali lagi ini kita kembalikan ke masyarakat, kalau masyarakat merasa dia sehat, di udara terbuka seperti ini tidak perlu, tidak usah,” kata Menkes Budi Gunadi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 2 Januari 2023, dari antara. 


Kebijakan pencabutan PPKM didasari atas Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 50 dan 51 Tahun 2022, yang berimbas kepada sejumlah kebijakan disejumlah tempat, salah satunya penggunaan aplikasi PeduliLindungi. 


Namun demikian, Presiden juga menegaskan untuk menjaga kesehatan, khususnya di ruang tertutup, masyarakat tetap harus memakai masker di keramaian dan ruangan tertutup. 


“Karena memang strategi dari pandemi ke endemi itu intervensi dari pemerintah dikurangi, tapi ada partisipasi masyarakat ditingkatkan. Jadi, ada kesadaran masyarakat untuk mengukur sendiri di mana dia perlu, itu perlu kita pakai,” tambah Budi. 


Menurut Budi, seperti saat terserang flu, masyarakat tidak perlu diajari untuk memakai payung saat hujan atau meminum obat flu tertentu, karena masyarakat sudah paham apa yang harus dilakukan saat flu. 


“Nah, kita lihat level itu mesti kita latih pelan-pelan bagaimana menuju ke endemi. Jadi, pakai masker kalau saya melihat, seperti saat ini saya tidak pakai (di ruang terbuka), tapi kalau tadi saat rapat terbatas dan ada Bapak Presiden kan, kita harus pakai,” ungkap Budi.


Presiden Jokowi, menurut Budi Gunadi, sudah mulai tidak mengenakan masker di tempat terbuka, termasuk saat meninjau Pasar Tanah Abang pada Senin pagi.


“Kembali lagi, Bapak Presiden itu menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat, kesadaran masyarakat itu penting. Presiden mungkin merasa dia sehat. Saya tidak tahu tadi, saya tidak mengikuti apakah pasarnya (ruang) terbuka atau tertutup. Kalau itu terbuka beliau merasa aman ya aman-aman,” tambah Budi.


Namun, saat berada di kerumunan, Budi Gunadi menyarankan masyarakat agar tetap memakai masker. “Tapi, memang saya sih kalau di kerumunan, ruang tertutup, kalau ada orang batuk saya anjurkan (pakai masker),” pungkas Budi.