Notification

×

Iklan

Iklan

Keget… Proyek Sodetan Kali Ciliwung Dilanjutkan

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:23 WIB Last Updated 2023-01-24T08:23:43Z

Proses Pembebasan lahan yang akan digunakan sebagai sodetan aliran air dari Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kaget, saat mengetahui proyek sodetan Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT) berjalan. Presiden mengaku kaget lantaran selama 6 tahun terakhir, dirinya mengetahui proyek ini sempat mandek.

 

"Saya juga kaget dikerjakan pak Gubernur Heru. Saya nggak tahu pendekatannya apa, tapi selesai," katanya di Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur, Selasa (24/1).

 

Sementara itu Heru Budi membenarkan pembebasan lahan menjadi salah satu kendala pada proyek ini. Namun berkat pendekatan dan koordinasi berbagai pihak, permasalahan ini dapat diselesaikan.

 

"Ya dengan berbagai pendekatan, pak walikota sosialisasi, disiapkan juga rumah susun, dan lain-lain," tuturnya, dilansir dari detik.

 

Diketahui ada sekitar 59 keluarga yang terdampak dalam pembebasan lahan yang diketahui merupakan lahan hibah dari Yayasan Trisakti ini. Gubernur Heru juga mengamini terkait jumlah keluarga terdampak. Dirinya mempersilahkan warga terdampak pindah ke rusun yang sudah disiapkan.

 

Jokowi berharap proyek ini diharapkan bisa mengurangi lahan genangan banjir yang ada di Jakarta. Saat siaga satu, kata Jokowi, bisa mengurangi 63 meter kubik per detik. Sedangkan siaga 4 mengurangi 33 meter kubik per detik.

 

Sementara Heru Budi menyatakan persentase banjir akan berkurang sebesar 10%, "Pengurangan persentase (banjir) 10% dari Ciliwung akan ditampung. 60-an meter kubik itu di siaga satu," jelasnya.

 

Adapun proyek ini ditargetkan selesai pada April 2023.