Notification

×

Iklan

Iklan

Banyaknya Merk Rokok Baru, Forum Anak Tangerang Berharap Ada Regulasi Baru

Selasa, 17 Januari 2023 | 10:49 WIB Last Updated 2023-01-17T03:49:57Z

Paparan hasil pemantauan Forum Anak di Tangerang Selatan Terkait Iklan Promosi Sponsor rokok./akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, BOGOR - Meskipun tingkat cukai telah ditetapkan mengalami kenaikan, namun industri rokok masih terus melakukan langkah-langkah masif dengan ragam produknya melalui brand-brand baru yang merangsek pasar, salah satunya di wilayah Tangerang Selatan. 


Seperti yang disampaikan, Forum Anak Kota Tangerang Alya Eka Khairunissa, materi iklan yang tersebar tanpa disadari telah mempengaruhi anak-Anak di wilayah Tangerang Selatan. 


"Ketika melakukan pemantauan dari materi yang didapatkan berupa iklan, mempengaruhi anak tanpa disadari. Mereka khawatir akibat timbulnya akan bahaya yang ada," ungkapnya saat diseminasi Hasil Pemantauan Iklan Promosi Sponsor Rokok di 9 Kota, yang juga turut dihadiri oleh Pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Pemerintah Kota Bogor, Selasa (17/1). 


Dalam paparan yang disampaikan oleh Wanna dari Forum Anak Kota Pangkal Pinang, dalam pemantauan yang didapatkan ada sekitar 8 titik penjualan yang dilakukan oleh pihak industri rokok. 


"Ada 8 titik. 6 di dekat sekolah, berbentuk neon box dan display, tema iklan yang dengan konsep petualangan/maskulinitas. Merk dari hasil pemantauan berasal dari merk Djarum Supermarket," paparnya. 


Wanna juga menyampaikan, ada 23 Iklan Promosi dan Sponsor (IPS) yang berada di luar ruangan. 


"Ada 83% berbentuk spanduk. 83% promosi dengan mencantumkan harga. Merk rokok yang paling banyak ditemukan, merk LA Merah dan Djarum Super," katanya. 


Menyambung yang disampaikan Wanna, Alya mengatakan, di wilayah Tangerang Selatan ada merk baru yang tidak familiar. 


"Mungkin produk-produk baru yang hadir menjadikan penasaran dan kecanduan. Berharap ada regulasi IPS rokok dan taktik manipulasi iklan merokok," pungkasnya.