Notification

×

Iklan

Iklan

Yuk, Kenali Gejala Awal Stroke Sebelum Terlambat

Kamis, 29 Desember 2022 | 14:30 WIB Last Updated 2022-12-29T07:30:57Z

Ilustrasi Serangan Stroke/pixabay


AKURATNEWS.ID, KESEHATAN – Stroke menjadi penyakit yang menakutkan di abad ini. Banyak kasus yang diakibatkan oleh stroke yang membuat sang penderita menjadi merasa tak berguna. Menakutkannya stroke bagi sebagian orang masih tidak memahami, bagaimana stroke dapat terjadi terhadap seseorang yang dilihat begitu sehat.


Di tengah kondisi kesehatan yang kadang terlupakan, alangkah baiknya kaum millennial saat ini dapat lebih memahami gejala stroke sebelum menyerang. Karena stroke saat ini bukan hanya menjadi ketakutan bagi mereka yang sudah memiliki umur lebih dari 50 tahun. Namun, di tengah kondisi tidfak teraturnya gaya hidup masyarakat urban saat ini, stroke bisa menjadi momok menakutkan bagi spapun, tanpa memandang umur.


Dilansir dari laman Roojai, Mayo Clinic menjelaskan bahwa setiap orang dapat mengenali tanda-tanda awal terjadinya serangan stroke terhadap seseorang dengan singkatan FAST:


Face (apakah wajah suspek tampak terkulai?)


Gejala ini tampak dari salah satu sisi wajah. Wajah terkulai diartikan, mata atau mulut terlihat posisinya “jatuh”, dan secara visual sangat tidak simetris dibandingkan sebelumnya. Penderita juga mengeluhkan satu sisi wajahnya mengalami mati rasa akibat kerusakan saraf sehingga respons terhadap stimulasi pada otot wajah jadi hilang. Mintalah suspek penderita untuk mencoba tersenyum. Jika dia kesulitan tersenyum di salah satu sisi atau senyum jadi tidak simetris, curigai bahwa serangan stroke terjadi.


Arm ( apakah suspek kesulitan mengangkat tangannya?)


Tanda ini dapat dikenali dengan ketidakmampuan mengangkat kedua tangan karena salah satu tangan melemah dan jadi mati rasa. Mintalah suspek penderita untuk mengangkat kedua tangan setinggi yang dia mampu. Jika salah satu lengannya tidak setinggi tangan lainnya atau tidak mampu mengangkat kedua lengan, kemungkinan terjadi stroke.


Speech (apakah kesulitan berbicara?)


Gejala ini bisa diketahui ketika mendadak suspek tidak bisa berbicara atau bicaranya sulit dimengerti. Mintalah suspek penderita untuk mengulang kalimat yang kamu ucapkan. Jika dia tidak dapat mengulangi atau ucapannya tidak dapat dimengerti, kemungkinan besar dia sedang mendapatkan serangan stroke.


Time (sudah berapa lama terjadi?)


Ketika kita mengenali tiga tanda-tanda di atas, langkah selanjutnya adalah memanggil bantuan gawat darurat. Periode emas (golden hour) untuk pertolongan pertama stroke sangat singkat. Oleh karena itu, jangan membuang waktu sedetik pun.


Segera hubungi salah satu nomor darurat berikut: 112, yaitu nomor darurat tingkat kabupaten atau kota (semacam 911 di Amerika) atau yang disediakan oleh pemerintahan pusat, seperti 110 (kepolisian), 113 (pemadam kebakaran/damkar), dan 119 (ambulans/Kemenkes). Kita juga dapat menghubungi Puskemas atau petugas kesehatan terdekat untuk memastikan mereka dapat segera memberikan penanganan terhadap penderita serangan stroke. 

 

Dengan mengingat FAST, kita dapat dengan cepat mengenali tanda-tanda awal serangan stroke. Namun, ada gejala lainnya yang perlu kita ketahui, yakni:

 

  • Melemah atau kebasnya salah satu sisi tubuh, termasuk salah satu kaki.
  • Rabun atau bahkan hilangnya penglihatan, terutama di salah satu mata.
  • Sakit kepala yang parah dan tidak pernah dirasakan sebelumnya, datang tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.
  • Keseimbangan tubuh terganggu, bahkan hingga menyebabkan penderita terjatuh, apalagi jika dialami bersama gejala lainnya.

 

Gejala awal tersebut juga dapat diingat dengan akronim yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI (2019), yakni Se-Ge-Ra-Ke-R-S:

 

  • Senyum tidak simetris atau mencong ke satu sisi, tersedak, dan sulit menelan air minum.
  • Gerak separuh anggota tubuh melemah tiba-tiba, biasanya tubuh bagian kanan.
  • BicaRa pelo, kata-katanya tidak dapat dimengerti, serta bicara tidak nyambung.
  • Kebas atau baal, kesemutan separuh badan.
  • Rabun, pandangan satu mata kabur yang terjadi tiba-tiba.
  • Sakit kepala hebat yang tiba-tiba dan tidak pernah dirasakan sebelumnya.