Notification

×

Iklan

Iklan

Tahun 2023 Valentino Rossi Gabung ke BMW, Kendarai Mobil?

Jumat, 23 Desember 2022 | 19:23 WIB Last Updated 2022-12-23T12:33:16Z


Pembalap Anyar BMW M Valentino Rossi/BMW Group.



AKURATNEWS.ID, MUNICH – Sebagian masyarakat mungkin menganggap Sang Legenda di dunia MotoGP Valentino Rossi akan pensiun. Prediksi tersebut terbantahkan, yang mana diketahui pembalap asal Italia yang telah mengantongi segudang prestasi di ajang balap motor itu secara resmi memilih BMW sebagai mahligai karir balapnya di tahun 2023.

 

Dengan bergabungnya Rossi dengan BMW untuk musim 2023, Rossi telah menjadi anggota ke-21 bagi tim BMW.

 

Sebagai Juara dunia MotoGP sembilan kali, yang mengakhiri karirnya pada musim gugur 2021 lalu, Rossi akan mengikuti Fanatec GT World Challenge Europe.

 

“Valentino Rossi tidak perlu diperkenalkan. Sebagai salah satu pengendara sepeda motor tersukses sepanjang masa, dia telah mengukir sejarah. Kesuksesannya di arena balap dan kepribadiannya telah membuatnya menjadi legenda hidup,”kata Andreas Roos, Kepala BMW M Motorsport, dilansir dari laman BMW.

 

“Tapi Valentino telah membuktikan bahwa dia juga seorang pembalap yang luar biasa di atas roda empat. Dia telah menunjukkan bahwa balap mobil telah menjadi rumah motorsport keduanya, dan dia membawa semua hasrat, keterampilan, dan komitmennya ke babak baru dalam karirnya. Sungguh luar biasa bahwa Valentino akan bergabung dengan keluarga BMW M Motorsport kami sebagai pembalap baru tahun depan. Kami sangat menantikan untuk bekerja sama – selamat datang di Vale!,” lanjutnya.

 

Rossi juga mengungkapkan kebanggaannya dengan bergabung bersama produsen mobil raksasa Jerman tersebut.

 

“Saya sangat bangga menjadi pembalap resmi BMW M works dan ini adalah kesempatan besar,” kata Rossi.

 

“Tahun lalu saya mulai serius membalap di mobil dan saya menyelesaikan musim pertama saya dengan tim WRT yang sangat cocok dengan saya. Dan saya sangat senang tim WRT memilih BMW M Motorsport sebagai partner baru. Saya sudah memiliki kesempatan untuk menguji BMW M4 GT3 dua kali dan feeling dengan mobil ini sangat bagus. Saya pikir kami bisa kompetitif musim depan. Juga, BMW M Motorsport telah memberi saya kesempatan untuk balapan dengan dua pembalap yang sangat kuat tahun depan, Maxime Martin dan Augusto Farfus. Saya masih harus banyak belajar dan meningkatkan, tapi saya berharap bisa menyelesaikan tugas dan cukup cepat untuk bertarung. selama balapan akhir pekan.”

 

Dalam karirnya, Rossi merayakan gelar juara dunia pertamanya di kelas 125cc pada tahun 1997. Yang selanjutnya naik di kelas 250cc dua tahun kemudian. Dia dipromosikan ke kategori Grand Prix tertinggi saat itu pada tahun 2000, kelas 500cc, di mana dia dinobatkan sebagai juara dunia pada tahun 2001.


Mobil BMW milik MotoGP Legend/pembalap Team WRT BMW M Motorsport, Valentino Rossi/BMW Group



Kategori ini digantikan oleh MotoGP pada tahun berikutnya, dan Rossi tetap menjadi tolak ukur segala hal. Pada tahun 2005 ia telah menambahkan empat gelar juara dunia lagi ke dalam koleksinya, dengan gelar nomor delapan dan sembilan menyusul pada tahun 2008 dan 2009.


Rossi terus memperebutkan mahkota kejuaraan dunia secara teratur setelah itu. 'The Doctor' juga telah lama berkomitmen untuk pengembangan pemuda dengan VR46 Rider Academy - sebuah 'sekolah' yang membantu pembalap muda Italia dengan tujuan untuk membawa mereka ke MotoGP.


Sejak kecil, Rossi memang dikenal cukup berbakat di dunia balap mobil, meski memilih serius menjadi pembalap motor dan sukses menyabet sembilan gelar dunia di ajang Grand Prix. Ia bahkan kerap menjalani tes Formula 1 dan bahkan nyaris pindah ke ajang tersebut pada 2007 bersama Ferrari.

Sumber: BMW Group