Notification

×

Iklan

Iklan

Sang Legenda ‘Pele’ Akhirnya Berpulang, Dunia Kehilangan

Jumat, 30 Desember 2022 | 09:43 WIB Last Updated 2022-12-30T02:43:26Z

Pele semasa hidupnya dan Sang Legenda saat menghantarkan Brasil menjadi Juara Piala Dunia di tahun 1970./instagram Pele.


AKURATNEWS.ID, SAN PAULO - Setelah sejak November lalu Pele dilarikan ke Rumah Sakit Israelita Albert Einstein di Sao Paulo tepatnya tanggal 29 November, Kamis 29 Desember 2022, pemilik nama lengkap Edson Arantes do Nascimento, akhirnya meninggal dunia karena penyakit yang sudah cukup lama dideritanya.


Sebagai pemain sepak bola berkelas dunia, Pele diakui menjadi legenda yang menginspirasi banyak kalangan khususnya para generasi muda yang cinta kepada sepak bola. Pria berusia 82 tahun ini, cukup lama berjuangan atas penyakit kanker usus besar.


Dalam perjalanan kesehatannya pada September 2021 Pele menjalani pengangkatan tumor dan telah menjalani kemoterapi sejak saat itu. Sejak dilarikan pada bulan November lalu, memang sang Legenda terus mengalami kondisi kesehatan yang semakin memburuk hingga akhirnya menjalani perawatan paliatif beberapa hari kemudian.


Karena penyakitnya telah menyebar, dikatakan Pele kemudian ditempatkan di "perawatan tingkat tinggi" minggu lalu terkait dengan "disfungsi ginjal dan jantung," yang disampaikan pihak Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo dalam sebuah pernyataan, dilansir dari FoxNews.


Walaupun sudah cukup lama Sang Legenda yang juga disebut-sebut sebagai Icon Sepak Bola Dunia ini menjalani perawatan kesehatan atas penyakitnya, kepergiannya cukup menghentak dunia, begitu juga para bintang sepak bola dunia saat ini.

 

Seperti yang diungkapkan Bintang Sepak Bola Brasil saat ini, Neymar yang mengungkapkan Pele sebagai Raja yang telah mengubah segalanya.


"Raja" Pele "mengubah segalanya," kata penyerang Brasil.


"Sebelum Pele, sepak bola hanyalah olahraga," tulis Neymar di Instagram.


Neymar juga menulis, Pele mengubah segalanya. Dia mengubah sepak bola menjadi seni, menjadi hiburan. Dia memberi suara kepada orang miskin, orang kulit hitam.


"Terutama dia membuat Brasil menjadi terlihat. Sepak bola dan Brasil naik derajatnya berkat Raja! Dia pergi, tetapi keajaibannya akan tetap ada," tulis Neymar.


Pemain terbaik dunia pada World Cup 2022 Qatar dari Timnas Argentina, Lionel Messi juga menyampaikan duka citanya dengan mengunggah foto dirinya bersama Pele dengan dibubuhi tulisan "Beristihatlah dengan tenang".


Tak ketinggalan, Pemain Portugal, Cristiano Ronaldo, berkata perpisahan dengan Raja Pele yang abadi tidak akan pernah cukup untuk mengungkapkan rasa sakit yang menyelimuti seluruh dunia sepak bola saat ini.

 

"Perhatian yang selalu dia tunjukkan padaku terbalas di setiap momen kebersamaan kami, bahkan saat kami berpisah. Kenangannya akan bertahan selamanya pada setiap orang yang mencintai sepak bola," ujar Ronaldo.

 

Tak ketinggalan, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, juga menyampaikan kenangannya tentang Pele.  "Untuk olahraga yang menyatukan dunia, kebangkitan Pele dari awal yang sederhana menjadi legenda sepak bola adalah kisah tentang apa yang mungkin," katanya.

 

Presiden federasi sepak bola dunia Fifa, Gianni Infantino, mengungkapkan rasa hatinya yang diibaratkan  patah hati pada hari yang benar-benar tragis untuk sepak bola. Sanga Presiden menggambarkan Pele sebagai "atlet abad ini".


"Pele mencoba hal-hal yang tidak pernah diimpikan oleh pemain lain, seperti gocekan terkenal pada semifinal Piala Dunia 1970 yang kemudian dikenal sebagai 'Pele run-around'.


"Dia memiliki kehadiran seperti magnet dan, ketika Anda bersamanya, seluruh dunia berhenti. Hari ini, seluruh dunia berduka atas kehilangan Pele, pesepakbola terhebat sepanjang masa."


Unggahan Akun Instagram Pele Terakhir


Dalam akun instagram sang legenda yang tercatat diunggah sejak 6 jam yang lalu, terunggah foto sang legenda dengan mengenakan jas hitam disertai dengan senyum lebar, mengepalkan jari-jarinya. Unggahan foto disertai juga dengan tulisan yang ditengarai berasal dari pihak keluarga, yang menggambarkan perjalanan sang legenda. Berikut isi dari tulisan di akun instagram Pele.

 

Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pelé, yang meninggal dengan damai hari ini. Dalam perjalanannya, Edson memikat semua orang dengan kejeniusannya dalam olahraga, menghentikan perang, melakukan kerja sosial di seluruh dunia, dan menyebarkan apa yang paling dia yakini sebagai obat untuk semua masalah kita: cinta.

 

Pesan hidupnya menjadi warisan bagi generasi mendatang.

 

Cinta, cinta dan cinta, selamanya..