Notification

×

Iklan

Iklan

Konsumsi Gula Secara Benar, Ini Kata Pakar

Sabtu, 24 Desember 2022 | 19:48 WIB Last Updated 2022-12-24T12:48:58Z

 

Ilustrasi gula bermanfaat sebagai energi/pixabay.

AKURATNEWS.ID, JAKARTA – Kasus diabetes menajdi salah satu hal bagaimana gula dipersalahkan. Padahal, jika ingin mengulas lebih jauh sejatinya gula menjadi zat ataupun bahan makanan yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia, khususnya masyarakat Indonesia.


Simpang siurnya informasi yang beredar, hingga gula dibidik menjadi hal yang seakan tidak bermanfaat bagi tubuh, masyarakat perlu mengetahui manfaat dari gula yang wajib dikonsumsi demi menopang aktivitas kehidupan sehari-hari.


Seperti diketahui pembuatan makanan dan minuman, gula dalam ilmu kesehatan diketahui sebagai sumber energy bagi tubuh. Selain itu juga bisa membantu tubuh dalam mencegah dan mengatasi beberapa macam penyakit. Kandungan dari gula sendiri biasanya ditemukan pada tumbuhan seperti tebu, kelapa, nira, anggur, jagung dan juga lainnya. Tentu, hal ini sangatlah baik sekali bagi kesehatan tubuh.


Disepakati, gula memiliki manfaat antara lain:


1. Meningkatkan fungsi otak


Otak sangat berperan aktif dalam tubuh salah satunya saat mengerjakan aktivitas sehari hari. Organ ini sangatlah penting sekali bagi tubuh dan kesehatan. Jika pikiran kita sedang kacau tidak bisa berfikir tentang pekerjaan, biasanya hal ini telah disebabkan karena kita kurang mengkonsumsi kandungan ini.


2. Menyembuhkan depresi


Manfaat lainnya dari gula ini bisa membantu meningkatkan fungsi dari otak yang nantinya bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Untuk anda yang sedang merasakan depresi, mengkonsumsi kandungan ini merupakan hal yang baik dalam mengatasi depresi.


3. Meningkatkan tekanan darah


Banyak hal atau cara untuk membantu anda di dalam meningkatkan tekanan darah. Salah satunya dengan mengkonsumsi gula yang nantinya bisa membantu anda dalam meningkatkan tekanan darah yang rendah.


4. Sugar therapy


Banyak para ahli ilmu kedokteran yang telah percaya bahwa kandungan dari gula dapat membantu mengobati berbagai macam penyakit.


5. Meningkatkan energi


Untuk anda yang sedang lemas untuk melakukan aktivitas, kandungan dari gula bisa membantu meningkatkan energi di dalam tubuh dan tentunya bisa membuat anda menjadi lebih bersemangat di dalam beraktivitas.


6. Sebagai sumber energi


Untuk anda yang ingin meningkatkan energi, kandungan gula sudah dipercaya sejak dulu bahwa kandungannya bisa membantu anda dalam meningkatkan energi. Hal ini telah disebabkan karena kandungan ini merupakan sumber energi yang murni dan baik bagi kesehatan tubuh.


Namun demikian, di tengah segudang manfaat yang ada dalam kandungan ‘si Manis’ ini, tentulah kita harus bijak dalam hal mengkonsumsi. Faktor konsumsi berlebihan, menjadi penyebab suatui penyakit akan dating. Bukan hanya gula, seluruh zat yang ada di bumi ini, saat kita tidak mengontrol dalam mengkonsumsi dalam jangka panjang, tentu akan menjadi malapetaka bagi kehidupan.


Menurut standar American Health Association (AHA), laki-laki pada umumnya hanya membutuhkan 140 kkal/hari (9 sendok teh) dan perempuan membutuhkan 100 kkal/hari (6 sendok teh).


Baik Organisasi Kesehatan Internasional (WHO) hingga Kementerian Kesehatan keduanya menyarankan agar asupan pemberian gula pada anak dengan usia pertumbuhan yaitu 7-12 tahun bisa dibatasi maksimal 3 sendok makan atau setara dengan 20 gram gula setiap harinya.


Jumlah 20 gram itu artinya berasal dari seluruh total konsumsi makanan serta minuman yang dikonsumsi sang buah hati. Dihitung mulai dari makanan berat hingga kudapan seperti cokelat, permen, permen kapas, serta gulali. Idealnya, orangtua harus menghitung jumlah gula yang terkandung di dalam makanan serta minuman yang dikonsumsi sang anak sehingga tidak lebih dari 20 gram.


Agar dampak negatif dari gula yang dikonsumsi berlebih bisa teratasi dengan baik, bergerak aktif maupun berolahraga, menjadi hal yang tak dapat ditawar-tawar. Berdasarkan American Academy of Pediatrics (AAP) idealnya bagi anak yang dalam masa pertumbuhan harus bisa berolahraga dan bergerak aktif paling sedikit selama 1 jam lamanya.


Bagi orang dewasa olahraga memang baik bagi tubuh dan juga bisa menstabilkan kadar gula darah di tubuh. anda harus melakukan olahraga secara teratur setidaknya selama 2,5 jam dalam seminggu. Olahraga yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan peregangan otot supaya otot menjadi lebih sehat dan kuat. Hal ini dikarenakan otot merupakan salah satu tempat tersimpannya gula dalam jumlah banyak.


Ada pun olahraga yang disarankan untuk orang yang mengonsumsi gula berlebih dari kebutuhan hariannya merupakan olahraga yang dinamis seperti senam aerobik, renang, hingga berlari.


Bijak dalam mengkonsumsi sesuatu, menjadi syarat untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Tuhan telah memberikan segala sesuatu di muka bumi, tentu dengan batasan-batasan sesuai dengan kebutuhan yang perlu dikonsumsi.