Notification

×

Iklan

Iklan

Diduga Lakukan Kecurangan Verifikasi Faktual Parpol, DPR Panggil KPU

Kamis, 15 Desember 2022 | 10:27 WIB Last Updated 2022-12-15T03:27:14Z

Gedung DPR-MPR RI


A
KURATNEWS.ID, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) diduga melakukan kecurangan verifikasi faktual terhadap beberapa partai politik (parpol) yang mendaftar untuk ikut Pemilu di 2024. Atas dugaan tersebut DPR melalui Komisi II akan memanggil KPU, demikian disampaikan oleh Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia . 


Pemanggilan KPU ditegaskan nya akan dilakukan pada masa sidang selanjutnya. 


*"Dalam masa sidang berikutnya, kami akan mengundang KPU untuk memberikan klarifikasi terkait soal itu," ujar Doli, Rabu, 14 Desember 2022, dilansir dari Kompas. 


Pemanggilan KPU dalam masa sidang selanjutnya, diketahui mulai lusa memasuki masa reses, sehingga pemanggilan KPU di masa sidang sekarang. 


Doli menegaskan dugaan kecurangan KPU itu harus diluruskan.


"Saya kira memang harus diluruskan dugaan-dugaan itu," ucapnya.


Adapun dugaan kecurangan KPU bermula dari Ketua Forum Informasi dan Komunikasi Organisasi Non Pemerintah (FIK Ornop) Samsang Syamsir. Yang mana kinerja KPU dinilai tidak transparan terkait data.


Samsang mengatakan, ketertutupan data ini diklaim demi pelindungan data pribadi. Tetapi, menurutnya, bukan hanya data yang tidak transparan, melainkan juga proses verifikasi yang dilakukan KPU.


"Ini semakin menimbulkan banyak keresahan di kita dan spekulasi yang bermunculan. Bisa saja ada partai yang memenuhi syarat tapi tidak diloloskan dan sebaliknya. Kami anggap selain data tertutup, proses juga tertutup," kata Samsang dalam jumpa pers virtual, Minggu 11 Desember 2022 lalu.


Selain itu, baru-baru ini juga KPU mendapatkan somasi dari komisioner dan pegawai teknis KPU di daerah melalui dua kuasa hukum, yaitu Themis Indonesia Law Firm dan AMAR Law Firm & Public Interest Law Office. Mereka mengaku diintimidasi untuk meloloskan beberapa parpol.


Kuasa Hukum dari Themis Indonesia Law Firm, Ibnu Syamsu Hidayat mengatakan, setidaknya ada tiga parpol yang diduga diloloskan dengan cara curang, yaitu Partai Gelora, Partai Garuda, dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).


"Dugaan kami, Partai Gelora, kami duga juga terjadi (kecurangan). Kemudian, Partai Garuda, dan PKN itu (kami) menduga terjadi kecurangan," kata Ibnu. 


Pelapor kecurangan ini berjumlah sekitar 9 orang dari 3-5 kabupaten/kota dan dua provinsi. Namun, dia enggan membeberkan identitas untuk melindungi dan menyelamatkan pelapor. Pihak kuasa hukum akan berkomunikasi dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).


Tim kuasa hukum pun akan menindaklanjuti secara serius melalui Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena diduga adanya pelanggaran etik.


"Kami memberikan jangka waktu 7 hari untuk menindaklanjuti somasi kami. Apabila 7 hari tidak ditanggapi, maka kami akan menyampaikan atau akan mengambil tindak lanjut atau langkah hukum selanjutnya," tegas Ibnu.