Notification

×

Iklan

Iklan

Ingin Menolong Orang Kecelakaan, Ingat Harus Jaga Ini

Jumat, 16 Februari 2024 | 06:43 WIB Last Updated 2024-02-15T23:43:03Z

 

Dokter Bedah Umum, RS Harapan Keluarga Member of Radjak Hospital, dr. M. Reza. SpB/akuratnews.id

AKURATEWS.ID, CIKARANG - Tim Trauma Center RS Harapan Keluarga Member of Radjak Hospital menekankan pentingnya pengetahuan tentang pertolongan pertama pada kasus trauma untuk menjaga dan meningkatkan peluang hidup dan peluang pulih pada korban.

 

Dokter Spesialis Bedah Umum, Dokter Bedah Umum, RS Harapan Keluarga Member of Radjak Hospital, dr. M Reza, SpB, menyampaikan RS Harapan Keluarga Member of Radjak Hospital, sudah sering menangani multiple trauma.

 

"Jadi satu pasien itu bisa mengalami cedera di beberapa tempat. Misalnya, trauma pada dada, kepala, dan tangan. Untuk itu kami menyediakan layanan tim untuk melakukan evaluasi terkait penanganan apa yang perlu dilakukan pertama kali. Tapi yang perlu ditekankan adalah tindakan pertama saat trauma itu terjadi," kata dr Reza, dalam suatu kesempatan.

 

Ia menjelaskan bahwa yang menjadi fokus utama dalam pertolongan pertama pada kasus trauma, adalah menjaga 'air way'.

 

"Maksudnya, menjaga saluran pernapasan dari korban. Jangan sampai korban sulit bernapas atau saluran napasnya terhambat," urainya.

 

Dan untuk kasus trauma akibat kecelakaan lalu lintas, perlu edukasi masif tentang pertolongan pertama pada kasus kecelakaan atau basic trauma life support.

 

"Termasuk juga, bagaimana cara memindahkan korban trauma. Jangan akibat dipindahkan, malah traumanya bertambah," urainya lagi.

 

Ia menyatakan RS Harapan Keluarga Member of Radjak Hospital, memiliki komitmen untuk menjadi Center of Excellence Trauma Center dengan tak hanya menghadirkan tenaga ahli di bidangnya tapi juga teknologi yang mendukung proses penyelamatan dan pemulihan korban trauma.

 

"Juga, kami berusaha mengedukasi masyarakat, terutama karena daerah ini adalah kawasan industri, kami berupaya untuk bekerja sama dengan banyak perusahaan untuk melakukan transfer knowledge terkait pertolongan pertama ini. Sehingga bisa menjaga peluang hidup dari korban trauma," kata dr Reza.

 

Ia menekankan bahwa pertolongan pertama yang baik akan meningkatkan potensi pemulihan bagi korban trauma.

 

"Seperti halnya penyakit lainnya, di trauma center kita juga mengenal yang namanya 'golden time'. Dimana peluang hidup atau peluang pulih dari kasus trauma itu lebih tinggi dibandingkan jika melebihi waktu tersebut. Oleh karena itu, kami sangat mengedepankan pertolongan cepat dan tepat di RS Harapan Keluarga Member of Radjak Hospital ini," pungkasnya.