Notification

×

Iklan

Iklan

Pertandingan Drum Band Porprov Jatim Berakhir Menyisakan Persoalan

Kamis, 31 Agustus 2023 | 06:52 WIB Last Updated 2023-08-30T23:52:43Z


AKURATNEWS.ID, SIDOARJO - Kendati, pertandingan cabang olahraga (cabor) drum band Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VIII - 2023 telah berakhir dan predikat juara umum kembali diraih kontingen Kabupaten Jember. Namun, pertandingan drum band kali ini terbilang menyisakan persoalan.


Terutama, ketika juri memenangkan atlet drum band Kabupaten Jember pada kategori lomba baris jangka pendek (LBJP) yang digelar di Stadion Jenggolo, Sidoarjo beberapa waktu lalu. Lantaran, atlet drum band Kabupaten Jember diketahui berlari saat bertanding, bukan berjalan sesuai aturan.


Ironisnya, sewaktu Pelatih Drum Band Kabupaten Sidoarjo, Haryono berniat melayangkan protes atas keputusan juri yang dianggap tidak fair itu, tapi dilarang.


"Saya tidak diperbolehkan protes peserta lain," cetusnya pada awak media seusai pertandingan.


Bukan hanya Haryono, Pelatih Drum Band Kabupaten Gresik, Muhammad Zuhdi pun menilai sikap juri terkesan tidak tegas dalam menerapkan aturan.


"Kalau terlihat atlet drum band berlari, seharusnya kena penalti," ungkapnya.


Dalam Porprov Jatim VIII - 2023, pertandingan drum band yang dihelat di sejumlah lokasi di Kabupaten Sidoarjo pada 25 - 30 Agustus 2023 ini terdapat delapan kategori, yaitu lomba baris-berbaris (LBB), lomba unjuk gelar (LUG), lomba baris jangka pendek (LBJP) putra-putri dan campuran, serta lomba ketahanan dan ketepatan berbaris (LKKB) putra-putri dan campuran.


Diikuti kontingen peserta dari 14 kabupaten/kota, yakni Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, Kabupaten Jember, Kabupaten Mojokerto, Kota Kediri, Kota Batu, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Sampang.


Serta, juri pusat dari DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Banten, Lampung dan Jambi. Lalu, juri daerah dari Malang, Bojonegoro dan Banyuwangi.


Berikut ini, hasil akhir urutan perolehan medali:

1. Kabupaten Jember: 6 emas 2 perak.

2. Kabupaten Gresik: 2 emas 4 perak.

3. Kabupaten Sampang: 1 perak 3 perunggu.

4. Kota Surabaya: 1 perak 2 perunggu.

5. Kota Blitar: 1 perak.

6. Kabupaten Sidoarjo 2 perunggu.

7. Kabupaten Pasuruan: 1 perunggu. (Way)