Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Kata Pakar untuk Hindari Kanker

Rabu, 24 Mei 2023 | 18:00 WIB Last Updated 2023-05-24T11:00:54Z

Ilustrasi Kanker/Istimewa


AKURATNEWS.ID, JAKARTA – Penyakit kanker masihmenjadi penyakit menakutkan walaupun di era modern saat ini. Walaupun pengobatan medis sudah berkembang cukup pesat, namun upaya pencegahan terhadap penyakit kanker menjadi hal yang paling diutamakan.


Pakar Penyakit Kanker Prof. Dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD-KHOM, mengungkapkan ada beberapa hal yang mesti dilakukan dalam rangka mencegah penyakit kanker.


Pertama menurutnya adalah dengan menjaga berat badan jangan sampai obesitas. Pasalnya saat berat badan melebihi ambang batas, akan mengundang beragam permasalahan kesehatan, salah satunya penyakit kanker.


“Sangat gemuk itu memudahkan berbagai macam kanker. Selain kanker payudara juga kanker usus besar dan kanker-kanker yang lain,” ujar Dokter yang berpraktek di RS. Kramat 128, Jakarta Pusat ini, saat Diskusi terkait kanker beberapa waktu lalu. 


Lebih jauh dia mengungakpakan, ada beberapa yang lebih mudah terjadi kalau seseorang amat sangat gemuk. 


“Selain itu, obesitas juga menyebabkan mudah stroke, mudah penyakit jantung. Jadi intinya kalau obesitas wajib turun berat badannya,” tegasnya.


Selanjutnya yang kedua, Prof. Zubairi menjelaskan, rokok dapat menyebabkan kanker. Rokok menurutnya buktinya amat sangat kuat, bahwa memudahkan timbulnya berbagai macam kanker. 


“Kanker dari saluran napas itu banyak banget,” katanya.


Ketiga lanjut Prof. Zubairi, yang perlu dilakukan untuk mencegah penyakit kanker, khsusunya bagi wanita dalam penanggulangan kanker payudara yakni menyusui. 


“Kalau anda punya anak, sebaiknya menyusui. Jadi menyusui itu rupanya membuat risiko untuk kanker payudara berkurang,” terangnya. 


“Terus hati-hati kalau kadang-kadang ada menopause gejalanya nggak nyaman untuk usia perempuan lanjut. Terus kemudian memakai pil untuk mengurangi keluhan menopause. Hati-hati itu ternyata lebih mudah menyebabkan kanker payudara,” tegasnya.