Notification

×

Iklan

Iklan

Korea Utara Mengkonfirmasi Penembakan 2 Rudal Balistik

Rabu, 15 Maret 2023 | 08:57 WIB Last Updated 2023-03-15T01:58:08Z

 

Rudal Balistik Korea Utara/Yonhap

AKURATNEWS.ID, KOREA - Korea Utara mengkonfirmasi telah meluncurkan dua rudal balistik daratnya dalam demonstrasi latihan menembak untuk unit-unit sub-militer. Dalam kegiatan tersebut terungkap unit-unit sub militer bersumpah untuk "memusnahkan musuh", dilansir KoreaTimes, Rabu.

 

Diinformasikan unit rudal militer Korut meluncurkan rudal "dalam sistem jarak menengah" Selasa di Jangyon, Provinsi Hwanghae Selatan, menurut Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

 

Klaim Korea Utara dibenarkan oleh Militer Korea Selatan, dengan mengatakan pada Selasa bahwa Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke arah Laut Timur, dan mereka terbang sejauh 620 kilometer.

 

Tindakan yang disebut-sebut sebagai Provokasi ini terjadi sehari setelah Korsel dan AS memulai latihan militer gabungan reguler, yang disebut sebagai Perisai Kebebasan.

 

Foto-foto yang dimuat oleh media pemerintah Korea Utara menunjukkan bahwa Korea Utara menembakkan rudal KN-23 dari peluncur erektor transporter (TEL).

 

Korea Utara mengatakan akan "pasti memusnahkan musuh" jika militernya berperang melawan musuhnya dan berjanji untuk "sepenuhnya melaksanakan tugasnya melakukan serangan api kapan saja" dengan mengintensifkan pelatihan serangan api, kata KCNA.

 

Peluncuran terbaru terjadi setelah Korea Utara menembakkan apa yang diklaimnya sebagai dua "rudal jelajah strategis" dari kapal selam hari Minggu dan melakukan "latihan serangan api" tiga hari sebelumnya.

 

Pyongyang mengecam latihan itu sebagai latihan untuk perang agresi melawannya dan mengancam akan mengambil tindakan "luar biasa" terhadap aktivitas militer sekutu.

 

Sumber: Yonhap