Notification

×

Iklan

Iklan

Jenderal Santri Dudung di Mata Komisi 1 DPR

Senin, 20 Februari 2023 | 15:09 WIB Last Updated 2023-02-20T08:09:39Z

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman/Istimewa


AKURATNEWS.ID, JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah melabelkan Jenderal satu ini sebagai Jenderal Santri. Bukan perkara mudah mendapat penyematan tersebut, di tengah mayoritas masyarakat tanah air yang beragama islam, dan menjadi salah satu Negara yang banyak mengusung pendidikan pesantren dengan menyematkan para pelajarnya dengan sebutan santri, terlebih dari Wapres yang juga diakui sebagai Kyai yang dihormati di kalangan pesantren dan santri di tanah air.


Label Jenderal Santri tak lain dan tak bukan disematkan kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, hal ini juga diamini oleh Anggota Komisi I DPR Rizki Aulia Rahman Natakusumah. Dari kacamatanya juga, Dudung selama ini memiliki kepedulian terhadap ulama, ustad, habaib, santri dan pesantren. Dan kerena itu, Rizki mendukung hal yang digalakkan Jenderal Dudung selama itu untuk kepentingan bangsa Indonesia.


“Selama itu positif untuk rakyat saya mendukung apa yang dilakukan pak KSAD,” ujar Rizki saat dihubungi, Senin (20/2/2023).


Hal ini disampaikan Rizki perihal bantuan dari KSAD Dudung kepada korban bencana gempa bumi Cianjur. Bantuan dari Jenderal Dudung kepada korban gempa bumi Cianjur tersebut bersamaan dengan acara Muhasabah dan Istigasah Doa Keselamatan Bangsa sebagai Momentum Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung Cianjur pada Minggu (19/2/2023). 


Menurut Riziki, kegiatan keagamaan dan kemanusiaan yang terus dilakukan KSAD harus didukung semua kalangan. Menurutnya, Dudung cukup peka dalam melihat realitas sosial kemanusiaan. Sebagai prajurit, Dudung tidak hanya latihan fisik tapi juga kerap melakukan latihan spiritual.


“Kalau latihan fisik itu latihan sehari-hari bagi beliau. Tidurpun latihan. Malah bagus kalau menggelar pengajian. Tidak masalah. Itulah kehebatan pak KSAD. Selain beliau mengadakan latihan fisik sebagai tugas TNI, beliau memiliki keunikan khusus, dalam arti memiliki tanggungjawab moral untuk menyelamatkan, memberikan dukungan moral melalui spiritual,” katanya.


“Jadi itu bukan latihan secara fisik tapi latihan supranatural, spiritual dalam rangka untuk bisa membantu keselamatan bangsa,” tambah Rizki.


Lebih lanjut, Rizki juga memberikan apresiasi dan mendukung kepada KSAD Dudung yang akan memprioritaskan santri menjadi anggota TNI. 


“Saya sudah mengusulkan secara khusus untuk santri diprioritaskan menjadi anggota TNI,” tutur Rizki.


Rizky juga berharap KSAD Dudung berkunjung ke pesantren, menjalin silaturahmi dengan ulama, ustad, santri dan habaib. Hal ini dianggap sangat penting untuk menjaga Indonesia dari segala macam bentuk potensi ancaman keamanan dan pertahanan.


“Beliau memiliki tugas, memiliki peran ganda yang harus memikirkan pesantren karena santri menjadi ujung tombak kemerdekaan Indonesia melawan penjajah,” pungkasnya.