Notification

×

Iklan

Iklan

Di Tangan LSM Belgia, Limbah Rambut Dimanfaatkan Sebagai Pembersih Saluran Air

Minggu, 01 Januari 2023 | 19:47 WIB Last Updated 2023-01-01T12:47:38Z

Patrick Janssen, salah satu pendiri organisasi Dung Dung, menunjukkan rajutan rambut manusia berbentuk tikar  yang didaur ulang. / Reuters

AKURATNEWS.ID, BELGIA – Proyek Daur Ulang Rambut yang dipimpin oleh Dung Dung Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Belgia, mengembangkan skema pemulihan limbah yang mendukung ekonomi sirkular, dengan mendaur ulang rambut manusia untuk membersihkan saluran air dan polutan lingkungan.

 

Potongan-potongan rambut dikumpulkan dari penata rambut di seluruh negeri, oleh para LSM Belgia. Selanjutnya, rambut dimasukkan ke dalam mesin yang mengubahnya menjadi rajutan berbentuk tikar yang tidak beraturan dari rangkaian rambut tersebut. Selanjutnya, rambut yang sudah dirangkai dapat digunakan untuk menyerap minyak dan hidrokarbon lain yang mencemari lingkungan. Rambut-rambut tersebut juga dapat dibuat menjadi kantong bio-komposit.

 

Rajuta rambut berbentuk tikar tersebut dapat ditempatkan di saluran air untuk menyerap polusi dalam air sebelum mencapai sungai. Mereka juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah polusi akibat banjir dan untuk membersihkan tumpahan minyak.


Salah satu pendiri proyek Patrick Janssen, emngungkapkan, satu kilogram rambut dapat menyerap tujuh hingga delapan liter minyak dan hidrokarbon.


"Produk kami lebih etis karena diproduksi secara lokal... tidak diimpor dari sisi lain planet ini," kata Patrick Janssen. "Mereka dibuat di sini untuk menangani masalah lokal."

 

Produk Daur Ulang


Selama ini kita mengetahui rambut dapat didaur ulang, yang mnghasilkan beragam produk antara lain, wig,  bulu mata dan lain-lain.


Selain itu, diketahui rambut kaya akan nitrogen, rambut juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk taman. Berbagai perusahaan juga bereksperimen dengan rambut sebagai bahan bangunan.

 

Perusahaan biomanufaktur yang berbasis di London, Biohm, menggunakan limbah rambut manusia untuk menghasilkan alternatif bahan lembaran berbasis kayu dan objek 3D. Pada London Design Week tahun ini, Studio Sanne Visser meluncurkan peralatan rumah tangga yang menggabungkan tali rambut manusia.

 

Di situs webnya, Proyek Daur Ulang Rambut memuji sifat rambut yang kuat, yang mana satu helai rambut dapat menopang hingga 10 juta kali beratnya sendiri. Serta menyerap lemak dan hidrokarbon, larut dalam air dan sangat elastis karena serat keratinnya.

 

Isabelle Voulkidis, manajer salon Helyode di Brussel, adalah salah satu dari lusinan penata rambut di seluruh negeri yang membayar sedikit biaya untuk mengumpulkan potongan rambut mereka.

 

"Apa yang memotivasi saya, secara pribadi, adalah bahwa saya merasa malu rambut saat ini dibuang begitu saja ke tempat sampah, padahal saya tahu banyak yang bisa dilakukan dengan itu," katanya.