Notification

×

Iklan

Iklan

Skor Tak Beranjak Indonesia Menang Lawan Kamboja, Ini Harapan Presiden

Jumat, 23 Desember 2022 | 21:57 WIB Last Updated 2022-12-23T15:00:36Z

Presiden RI Joko Widodo memberikan selamat atas kemenangan Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja di laga pembuka, yang digelar di Stadion Utama Bunga Karno, Jumat 23 Desember 2022./istimewa.


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Setelah memimpin perolehan angka di babak pertama 2-1 atas Kamboja, Timnas Indonesia dapat mempertahankan skor yang dicapai pada babak pertama. Namun demikian, permainan Timnas dinilai tak berkembang di babak kedua.


Harapan besar tentu digantungkan di benak Timnas Indonesia, untuk menjadi juara di Piala AFF 2022 ini, seperti harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hari ini menyempatkan hadir bersama dengan Ibu Negara, untuk memberikan dukungan kepada anak asuh Shin Tae-yong ini.


Presiden menyaksikan langsung laga tim nasional sepak bola di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). Jokowi bersyukur timnas Indonesia menang 2-1 atas Kamboja di laga pembuka.


"Ya alhamdulillah timnas kita menang 2-1, patut kita syukuri, tapi besok sudah akan berangkat ke Kuala Lumpur, ke Malaysia untuk tanding dengan Brunei. Kita doakan menang lagi," kata Jokowi usai pertandingan dikutip dari siaran pers, Jumat, 23 Desember 2022.


Di babak pertama permainan Timnas begitu ngotot, hingga secara cepat memimpin keadaan. Egy Maulana Vikri pada menit ke-7, setelah menerima umpan silang dari Pratama Arhan, berhasil merobek gawang Kamboja. Walaupun pada menit ke-15 Kamboja berhasil menyamakan kedudukan 1-1 melalui gol dari Saret Krya setelah memanfaatkan situasi sepak pojok.


Tak membutuhkan waktu lama, Indonesia kembali memimpin 2-1 setelah Witan Sulaeman mencetak gol pada menit ke-35. Berawal dari serangan balik, umpan Marselino Ferdinan dari sisi kanan berhasil dilesakkan Witan ke gawang Kamboja yang dijaga kiper Keo Soksela. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.


Timnas Indonesia terus melancarkan serangan guna menambah skor pada babak kedua. Tim Merah Putih mencatat banyak peluang, namun skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang ditiup oleh wasit.


"Bagus sekali, sebenarnya peluangnya lebih dari 10 kali tadi. Sudah sendiriannya dua (kali), kemudian kena gawangnya berapa kali tadi? Tapi ya bola itu bundar," ungkap Jokowi.


Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana, saat menyaksikan laga pembuka sepak bola piala AFF 2022 antara Indonesia vs Kamboja, yang dimenangkan Timnas Indonesia 2-1.


Sang Pelatih Meradang


Seperti yang disampaikan oleh Presiden, Pelatih Timnas Shen Tae-yong pun senada dengan ungkapan Presiden terkait peluang yang dimiliki Timnas, khususnya di babak pertama.


Selepas pertandingan, dikabarkan pelatih yang berasal dari Korea Selatan ini mengaku marah dengan permainan anak-anak asuhnya.


Shin Tae-yong marah karena dirinya melihat banyaknya peluang emas yang tidak dimaksimalkan menjadi gol oleh anak-anak asuhannya.


Tercatat tiga peluang emas yang seharusnya berubah menjadi gol lewat Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Edo Febriyansah.


Dengan kemenangan Timnas Indonesia atas Kamboja hari ini, Timnas Indonesia mendapat tambahan 2,1 poin di ranking FIFA. Tambahan itu membuat poin Timnas Indonesia di ranking FIFA menyentuh angka 1.036 poin, yang mana semakin meninggalkan Andorra yang menempati peringkat 152 dunia dengan 1.031.13 poin.